Image
Oleh : Administrator

Pilihlah Startup Anda

Rabu, 30-November-2016 19:12  |  Artikel  

Jika Anda ingin memulai membangun bisnis baru (startup), pastikan Anda memilih dari jenis bisnis (sesuai rantai bisnis) di bawah ini. Pilihlah sesuai dengan kapasitas yang Anda miliki dan sesuai dengan passion yang Anda punya. Apa saja?

 

Pengecer

Anda menjadi penjual di tingkat eceran, artinya Anda menjual barang dari produsen ke pengguna terakhir. Wujud usahanya bervariasi sesuai dengan konsep bisnis yang Anda rencanakan. Anda bisa mendirikan kios, warung sederhana, butik, atau menjualnya secara online.

 

Grosir

Dalam kapasitas ini, Anda menjual kepada penjual berikutnya (pengecer). Artinya Anda menjual barang dalam partai lebih besar untuk diteruskan kepada pembeli berikutnya. Berada dalam mata rantai ini mengharuskan Anda mencari lebih banyak agen. Anda perlu memberikan insentif yang bersaing, misalnya dalam bentuk diskon kepada pengecer agar mereka bisa menjadi pelanggan setia Anda.

 

Layanan

Anda tidak menyediakan barang atau produk. Anda menyediakan layanan (jasa). Sekain keterampilan yang bersaing, usaha layanan juga memiliki jualan sampingan berupa produk-produk pendukung. Misalnya, ketika Anda membuka jasa layanan kebersihan, Anda sekaligus bisa menjual alat-alat pembersih.

 

Pabrik

Dalam hal ini, Anda menjadi produsen di tingkat hulu. Anda mengubah bahan mentah menjadi bahan produk. Ketika Anda memilih untuk membuat pabrik, jangan lupa untuk berpikir tentang kinerja ekstra untuk mencari jaringan pemasaran yang mumpuni.

 

Pengembang

Sebagai pengembang, Anda menghasilkan produk sesuai dengan project. Jadi Anda merancang suatu project, memperkirakan pelaksanaannya, mencari siapa yang akan menjadi pembelinya, memeroleh pinjaman, sampai kemudian produk terjual. Bisnis seperti ini biasa terjadi pada bisnis perumahan atau produser film. (eka/foto dari daniswarasaleh.blogspot.co.id)