Image
Oleh : Administrator

Rencanakan 6 Pilar Bisnis Anda

Selasa, 29-November-2016 18:31  |  Artikel  

Ketika ingin membangun sebuah bisnis, setidaknya ada 6 pilar dalam model bisnis yang perlu Anda kerjakan dan persiapkan. Anda perlu berpikir matang tentang keenam pilar ini demi keberlangsungan bisnis Anda di masa depan. Apa saja itu?

 

Layanan atau service. Anda harus bisa menjelaskan layanan/produk seperti apa yang diberikan oleh bisnis yang Anda tawarkan. Coba rincikan secara spesifik tentang jasa atau produk tersebut. Terangkan juga tentang terobosan yang akan Anda kembangkan.

 

Yang kedua adalah pembiayaan atau financing. Anda perlu menjelaskan bagaimana sistem pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis yang akan Anda kerjakan tesebut. Perjelas dari mana Anda akan mendapatkan modal dan bagaimana pembiayaan operasionalnya. Bagaimana pula pengelolaannya.

 

Ketiga, pernyataan misi atau mission statement. Anda perlu juga menjelaskan apa yang menjadi misi perusahaan Anda. Perjelas dalam hal apa bisnis Anda akan menyuplai kebutuhan pasar.

 

Keempat, personalia atau management team. Terangkanlah siapa saja personel yang Anda butuhkan dan fungsi apa saja yang diperlukan. Bagaimana tugas dari masing-masing personel tersebut.

 

Kelima, prakiraan penjualan atau sales forecast. Buatlah rancangan ke depan atau proyeksi beberapa bulan ke depan. Bagaimana prakiraan Anda terhadap geliat bisnis Anda.

 

Keenam, rencana ekspansi (expansion plan). Rumuskan bagaimana target Anda ke depan. Ketika Anda sudah sukses dengan bisnis Anda ini, apalagi yang akan Anda lakukan? Langkah bisnis apa yang perlu diambil agar bisnis Anda bisa menjadi lebih besar?

 

Sebagai entrepreneur, Anda harus bisa merencanakan keenam hal ini. Anda perlu melakukannya secara spesifik dan menggunakan riset. (eka/foto dari ciputraentrepreneurship.com)