Image
Oleh : Administrator

Jangan Takut Gagal

Minggu, 27-November-2016 18:06  |  Artikel  

Setiap orang yang membangun bisnis, seberapa sukses pun dia sekarang, pasti pernah mengalami pasang surut dan kegagalan. Jadi, jangan pernah takut gagal.

 

Mungkin selama ini Anda sudah berniat untuk memulai sebuah usaha. Tapi, Anda sama sekali belum memiliki progres untuk memulai karena terlalu sibuk dengan model bisnis yang akan Anda bangun. Ini tujuannya tentu untuk menghindari kegagalan. Seminimalisir mungkin jika kegagalan tersebut tidak dapat dihindarkan.

 

Tindakan ini memang baik. Tapi kalau sudah terlalu lama dan Anda tidak kunjung memulai membuka usaha, Anda perlu mempertanyakan diri sendiri, sejauh mana Anda telah siap menjadi seorang entrepreneur yang sesungguhnya.

 

Kegagalan adalah teman bagi para entrepreneur. Jadi jangan pernah takut dengan kegagalan. Yang Anda harus takutkan adalah sebuah situasi seperti pada skenario ini, “Ide yang sudah ada di kepala Anda kemudian ditangkap oleh orang lain, dikembangkan, dan Anda hanya duduk melihat usaha tersebut sukses dan menjadi besar. Anda hanya mengamati orang tersebut jatuh bangun sampai kemudian menjadi sukses. Dan itu adalah ide Anda. Anda lalu kemudian hanya menjadi follower.” Sungguh menyedihkan kan?

 

Kegagalan adalah pertanda bahwa Anda akan menjadi sukses. Kaki Anda terus melangkah, sesekali tersandung lubang, dan akhirnya bisa tiba di garis yang bertuliskan SUKSES. Richard St. John dalam buku 8 To Be Great menjelaskan bahwa orang-orang sukses memiliki kemampuan untuk ‘memantul’. Ketika sukses datang, mereka akan terpental ke belakang. Tapi sesudahnya, setelah mempelajarinya dengan seksama, mereka memantul lebih kencang dari sebelumnya.

 

Ketika Anda hendak memulai bisnis, pastikan Anda memiliki kemampuan daya pantul yang membuat Anda bisa bangkit lalu melejit sepuluh langkah lebih maju. Kegagalan memang sebuah keniscayaan. Setiap usaha yang hendak Anda jalankan pasti akan dihadang oleh masalah dan kegagalan. Tantangannya adalah bisakah Anda mempelajari kegagalan tersebut dan menjadikannya salah satu pembentuk kesuksesan. (eka/foto dari ciputraentrepreneurship.com)